click to enable zoom
loading...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next
Your search results

Cara Susun Target Keuangan Realistis

Posted by admin on 1 March, 2022
0
Perhitungkan Dengan Matang Perencanaan Keuangan Sobat

Jika Sobat Grisa pernah kerepotan mewujudkan resolusi yang direncanakan tiap tahun, jangan khawatir karena Sobat Grisa nggak sendiri. Kebanyakan orang memang merencanakan resolusi di awal tahun lantas melupakannya begitu saja sebulan kemudian.

Namun, jika Sobat berniat bikin target finansial dengan lebih baik tahun ini, itu sangat bisa dilakukan. Alih-alih memasang resolusi yang tinggi, kenapa nggak coba mematok target finansial yang realistis sesuai kemampuan?

Gampang atau susahnya mewujudkan target finansial sebenarnya bergantung pada diri sendiri. Makanya, pilih target yang masuk akal dan sesuai dengan minat dan pendapatan. Setelah itu buat rentang waktu dan deadline untuk mewujudkannya. Jadi jangan sekali-kali bikin target finansial yang mewajibkan Sobat punya gaji dua digit saat Sobat masih anak kantoran newbie. Enggak akan berhasil Sob, dijamin.

Di sisi lain, nabung itu sebuah perjuangan. Plus, perjuangan itu akan makin berdarah-darah jika Sobat sedang berusaha mewujudkan impian. Namun, di saat yang sama, kondisi ini memacu kita untuk bekerja makin mirip kuda dan merealisasikan impian.

Berikut adalah langkah-langkah mewujudkan impian finansial Sobat tahun ini.

Wajib Pasang Target!

Jika Sobat ingin mewujudkan impian, pastikan impian itu benar-benar Sobat inginkan. Tanya lagi deh ke diri sendiri: apa sih passion Sobat sebenarnya? Pikir-pikir lagi semua ketertarikan yang Sobat punya. Lalu, tanya lagi: jika punya waktu luang, di mana dan bagaimana Sobat akan memanfaatkannya?

Begitu sudah mendapatkan fokus, lanjut bikin target-target spesifik di sekitarnya dengan rincian biaya sedetail mungkin. Bentuk target finansial yang bisa Sobat pasang tahun ini, misalnya jalan-jalan, melakukan hobi impian, menikah ataupun menabung untuk membeli rumah.

Melakukan Perhitungan Rinci

Kalau sudah mantap dengan pilihannya, Sobat perlu memastikan terlebih dulu bahwa misinya bisa dicapai. Pertama-tama, Sobat perlu menghitung jumlah rata-rata biaya keseluruhan. Setelah itu, bagi jumlahnya dengan 52 untuk target mingguan dan 12 untuk target bulanan. Jika angkanya nggak masuk akal, Sobat bisa menabungnya sebagian. 

Bandingkan Rencana Dengan Realisasinya

Bandingkan Impian dengan Kenyataan yang Dijalani

Sobat mesti realistis kalau ingin mencapai impian. Buat beli rumah, misalnya. Kira-kira Sobat bisa atau enggak menabung untuk bayar uang muka dan angsurannya? Sobat punya tiga pilihan apabila dihadapkan dengan situasi seperti ini. Sobat bisa menyesuaikan impiannya, jangka waktunya atau cari kerja sampingan. Impian jalan-jalan bisa ditunda satu hingga dua tahun kemudian sampai uang tabungan terkumpul. Siapa tahu nanti ada promo, kan? Tapi kalau Sobat benar-benar ingin mewujudkan secepatnya, itu artinya Sobat mesti lebih giat cari proyek besar-besaran.

Sobat juga harus kreatif dalam mencapai mimpi. Carilah pilihan lain yang lebih terjangkau dan masuk akal. Misalnya, enggak perlulah beli rumah di tengah kota, rumah agak jauh dari kota pun bisa jadi alternatif.

Ketika Sobat sudah menentukan impian dan menghitung anggarannya, sekarang waktunya Sobat mewujudkan cita-cita itu. Karena sudah sesuai dengan gaya hidup Sobat, pasti Sobat bisa deh melaksanakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut