click to enable zoom
loading...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next
Your search results

Kalimantan Selatan Resmi Pindah Ibu Kota dari Banjarmasin ke Banjarbaru

Posted by admin on 5 March, 2022
0
Tugu Simpang Empat Banjarbaru

Kota Banjarbaru resmi menggantikan Kota Banjarmasin sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Rancangan Undang-undang pemindahan ibu kota Kalsel itu telah disepakati DPR RI dalam rapat paripurna pada, Selasa (15/2/2022). 

BACA JUGA : Menilik 4 Sirkuit Balapan Paling Keren di ASEAN!

Penetapan Kota Banjarbaru sebagai ibu kota Kalimantan Selatan diharapkan akan berdampak pada kemajuan daerah. Mengingat rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur. 

Kota Banjarbaru memiliki luas wilayah 371,38 kilometer persegi. Wilayahnya terbagi menjadi lima kecamatan yaitu Kecamatan Landasan Ulin, Kecamatan Liang Anggang, Kecamatan Cempaka, Kecamatan Banjarbaru, Utara dan Kecamatan Banjarbaru Selatan. Jumlah penduduk di tahun 2021 mencapai 253.442 jiwa.

Kota penghasil melon ini memiliki bandara terbesar di Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Bandara Internasional Syamsudin Noor. Jaraknya hanya sekitar 5 km dari Kota Banjarbaru yang berlokasi di di Jalan Angkasa Pura, Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin.

Bandara Internasional Syamsudin Noor

Banjarbaru diharapkan jadi daerah penyangga di wilayah Kalimantan Selatan. Banjarbaru telah menjadi pusat perkantoran sejak Kantor Gubernur Kalsel dan beberapa dinas  lain berpindah secara bertahap ke Kota ini sejak tahun 2011. Kemudian Kota Banjarmasin akan ditata sebagai pusat perdagangan termasuk pariwisata sungai untuk menunjang ibu kota negara (IKN).

Sementara itu Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizal Anwar mengatakan Pemprov Kalsel sangat mendukung undang-undang tersebut karena bisa dijadikan landasan pembangunan daerah. “Bagi kami hadirnya UU Provinsi Kalimantan Selatan yang baru dan telah disahkan DPR RI sangat penting, khususnya sebagai landasan pembangunan daerah,” ujar Roy Rizali Anwar, dalam keterangan resminya yang diterima, Rabu (23/22/2022).

BACA JUGA : Inilah 9 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa

Balai Kota Banjarbaru

Roy menerangkan, landasan pembangunan yang dimaksud adalah arah pembangunan lebih terfokus demi kesejahteraan masyarakat Kalsel. Ia mengarakan Kalimantan Selatan adalah provinsi pertama dan tertua di Pulau Kalimantan. Maka, sudah sepantasnya Kalsel menentukan arah pembangunan dengan segala potensi yang dimilikinya.

Sumber : Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut