click to enable zoom
loading...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next
Your search results

7 Warisan Dunia Menakjubkan di Ukraina, UNESCO Serukan Perlindungan Pasca Invasi Rusia

Posted by admin on 11 March, 2022
0

UNESCO mengutuk semua serangan dan perusakan warisan budaya dalam segala bentuknya di Ukraina pasca invasi Rusia ke negara tersebut. Badan khusus PBB ini menyerukan agar warisan dunia dan budaya Ukraina wajib dilindungi. Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay mengatakan, terdapat warisan budaya Ukraina termasuk tujuh situs warisan dunia terutama yang terletak di Lviv dan Kyiv.

Di bidang kebudayaan, UNESCO menggarisbawahi kewajiban hukum humaniter internasional, khususnya Konvensi Den Haag 1954 untuk Perlindungan Kekayaan Budaya dalam Peristiwa Konflik Bersenjata.

BACA JUGA : Kompleks Industri Terapung Raksasa di Arab Saudi

Atas permintaan sekelompok negara anggota, dewan eksekutif UNESCO akan mengadakan pertemuan khusus pada bulan Maret ini untuk memeriksa dampak dan konsekuensi dari situasi di Ukraina. 

Sebelumnya Majelis Umum PBB juga menyatakan keprihatinan serius atas laporan serangan terhadap fasilitas sipil termasuk sekolah. Unesco juga mengutuk keras serangan terhadap fasilitas pendidikan, termasuk serangan kemarin di Universitas Nasional Karazin Kharkiv.

Sebagai negara dengan peninggalan sejarah Romawi, Ukraina memiliki sekitar 14 ribu monumen arsitektur dan 46 cagar sejarah serta budaya. Arsitektur Ukraina memiliki gaya yang unik dengan gaya Romawi hingga postmodernisme yang mampu menginspirasi arsitek modern saat ini. 

Tidak heran jika tujuh mahakarya arsitektur Ukraina masuk ke dalam daftar warisan dunia oleh UNESCO yaitu :

  1. Katedral St. Sophia dan Kyiv-Pechersk Lavra
Katedral St. Sophia

Terletak di Kyiv, ibu kota Ukraina, Katedral ini memiliki arsitektur yang indah dan menjadi landmark penting di kota ini. Katedral ini juga penting karena merupakan situs warisan dunia UNESCO pertama di Ukraina bersama dengan kompleks Biara Gua Kyiv.

  1. Gereja Kayu Carpathian

Gereja Kayu Carpathian (tersebar di Polandia dan Ukraina) memiliki 16 gereja kayu yang menampilkan konstruksi kayu horizontal. Di antaranya, delapan berada di Ukraina. Gereja-gereja ini dari abad ke-16 hingga ke-19, terletak di bagian Pegunungan Carpathian yang terpencil. Ini terdaftar sebagai Daftar Warisan Dunia UNESCO pada 2011.

  1. Hutan Beech dari Carpathians

Ini adalah kumpulan dari sekitar 78 hutan yang tersebar di 18 negara Eropa dan 12 di antaranya (hampir 25 persen) berada di Ukraina. Ini adalah hutan purba yang kaya akan legenda dan misteri yang benar-benar unik.

BACA JUGA : 4 Sirkuit Balapan Paling Keren di ASEAN

  1. Busur Geodesi Struve

Ini pada dasarnya adalah rantai triangulasi survei yang membentang dari Hammerfest di Norwegia hingga Laut Hitam. Rantai pertama kali digunakan oleh Friedrich Georg Wilhelm von Struve (seorang ilmuwan Rusia kelahiran Jerman) antara 1816 dan 1855 untuk menentukan ukuran dan bentuk mutlak bumi. Titik pertama Arc diatur di Observatorium Tartu di Estonia.

  1. Kediaman Bukovinian dan Dalmatian Metropolitans
Kediaman Bukovinian dan Dalmatian Metropolitans

Situs warisan UNESCO di Chernivtsi ini pada dasarnya adalah kampus universitas. Ini terkenal karena menyerupai kastil abad pertengahan di kota. Seluruh tempat terlihat seperti dunia lain setelah tertutup salju. Bangunan ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2011.

  1. Ensemble Pusat Sejarah Lviv

Didirikan pada 1254, Lviv adalah kota yang indah lainnya yang merupakan rumah bagi beberapa situs kuno yang indah. Seluruh bagian kuno kota terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Beberapa monumen terkemuka di sini antara lain Balai Kota, Rumah Hitam, Lapangan Rynok, Istana Kornyakt, Arsenal Kerajaan dan Menara Bubuk.

  1. Chersonese
Reruntuhan Chersonese

Ini adalah kota kuno dan Bizantium yang didirikan pada 422-421 SM oleh Yunani. Kota ini terletak di tepi Laut Hitam di pinggiran Sevastopol. Dulunya merupakan pusat politik dan perdagangan yang penting di masa lalu. UNESCO mendaftarkan Chersonese sebagai Situs Warisan Dunia pada 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut