click to enable zoom
loading...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next
Your search results

Fungsi Stabilizer Listrik dan Cara Kerjanya

Posted by admin on 26 July, 2022
0

Arus listrik yang mengaliri seluruh sudut ruangan di rumah harus memiliki tegangan yang stabil agar tidak menimbulkan kerusakan pada alat elektronik. Bukan hanya menimbulkan kerusakan, arus listrik yang tidak stabil juga dapat menyebabkan percikan api hingga terjadi kebakaran. Oleh karena itu, mengetahui fungsi stabilizer sangat penting bagi Sobat yang memiliki beberapa peralatan elektronik di rumah.

Stabilizer listrik adalah perangkat listrik yang berguna untuk menstabilkan tegangan listrik yang berasal dari instalasi listrik PLN ke perangkat-perangkat elektronik yang ada di rumah seperti televisi, komputer hingga kulkas agar tetap normal. Proses stabilisasi arus listrik ini sangat penting sebab seringkali tegangan listrik yang mengalir langsung dari instalasi PLN tidak sesuai dengan kebutuhan beban peralatan elektronik, baik di rumah tangga ataupun dalam skala besar. Mungkin Sobat sering melihat dan sadar bahwa standar tegangan listrik di Indonesia adalah 220 Volt. Tapi  percaya atau tidak seringkali arus yang masuk ke perangkat elektronik tidak tepat 220 Volt, melainkan di bawah atau di atas 220 Volt. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan peralatan elektronik dan mengeluarkan percikan api yang dapat memicu kebakaran.

Berbeda dengan Uninterruptible Power Supply (UPS), stabilizer tidak memiliki daya tambahan yang bisa digunakan ketika sedang mati lampu. Cara kerja stabilizer sendiri adalah dengan membandingkan arus input dari tegangan PLN dengan arus output yang keluar ke rumah tangga. Saat terjadi tegangan input naik atau turun maka stabilizer akan bekerja. Keuntungan yang bisa Sobat dapatkan jika memanfaatkan alat ini di rumah antara lain memperpanjang umur alat elektronik, mencegah terjadinya lonjakan listrik berlebihan, mencegah terjadinya korslet listrik, serta merawat komponen kelistrikan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut