click to enable zoom
loading...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next
Your search results

Lima Negara Tertua di Dunia

Posted by admin on 2 August, 2022
0

Beberapa negara kita ketahui telah berusia ribuan tahun dan dinobatkan sebagai negara tertua di dunia. Namun, itu bukan berarti negara tersebut telah merdeka selama itu. Usia tersebut sebenarnya diambil dari peradaban kuno di salah satu wilayah mereka.

Kira-kira, negara apa saja ya yang termasuk ke dalam negara tertua di dunia? Untuk menambah referensi tempat liburan, simak pembahasan di bawah ini, yuk!

  1. Iran – 3.200 SM

Iran dijuluki “bangsa bersejarah yang pertama” oleh filsuf Jerman, Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Negara ini merupakan salah satu yang menjadi tempat berkembangnya peradaban besar dunia yang berkesinambungan. Pemukiman urban pun telah dibangun sejak 4.000 SM.

Iran dahulu bernama Persia. Pada 550–330 SM, bangsa ini memiliki Kekaisaran Akhaimenia yang didirikan oleh Koresy Agung. Selain menjadi yang pertama di Persia, kekaisaran ini juga menjadi yang pertama sekaligus terbesar di dunia.

  1. Mesir – 3.100 SM

Terkenal dengan peradaban kunonya, Mesir juga menjadi salah satu negara tertua di dunia. Hal ini terlihat dari beberapa peninggalan yang hingga hari ini masih populer di dunia, contohnya piramida.

Dahulu, negara ini dipimpin oleh 140 Firaun dalam 30 dinasti. Salah satu sistem penulisan paling tua yang dikenal manusia, Hieroglif, juga berasal dari Mesir. Tidak dengan huruf, sistem ini terdiri dari 700 gambar dan lambang yang berbentuk manusia, hewan, benda, dan sebagainya.

  1. Vietnam – 2.879 SM

Sejarah Vietnam berawal dari Dinasti Hồng Bàng (2.879–258 SM). Kepercayaan yang dianut di masa ini adalah animisme, yaitu kepercayaan pada roh yang mendiami benda-benda. Oleh karena itu, periode ini disebut sebagai periode semi mitologi legendaris dalam sejarah Vietnam.

  1. Armenia – 2.492 SM

Armenia dalam bahasanya sendiri disebut dengan Hayk. Kata tersebut berasal dari nama sang pendiri yang hidup di sekitar tahun 2.500 SM. Sementara itu, kata Armenia berasal dari nama putra Hayk yang bernama Aram.

  1. Korea Utara – 2.333 SM

Wilayah Korea Utara merupakan lokasi Gojoseon atau Korea Kuno (2.333–108 SM). Kerajaan ini didirikan oleh sosok bernama Dangun. Catatan-catatan sejarah mengenai kerajaan ini terangkum dalam sebuah babad sejarah berjudul Samguk Yusa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut