click to enable zoom
loading...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next
Your search results

Cara Mengusir Tikus di Rumah, Tanpa Racun!

Posted by admin on 5 September, 2022
0

Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang keberadaannya cukup mengganggu di rumah. Selain karena tikus adalah hewan yang kotor dan jorok, hewan berbadan fleksibel satu ini bisa merusak barang-barang yang ada di rumah. Hewan mamalia ini memiliki gigi seri besar yang tidak berakar dan tumbuh secara terus menerus. Mereka harus mengasah giginya dengan menggerogoti barang-barang seperti pintu, jendela bahkan kabel yang berpotensi menyebabkan korsleting.

Kehadiran tikus memang banyak membawa dampak negatif bagi para penghuni rumah. Apalagi jika tikus-tikus tersebut sangat sulit untuk diusir. Tapi Sobat tidak perlu khawatir, karena kali ini, kita akan membahas cara mengusir hama tikus di rumah secara alami.

Menutup Lubang dan Celah

Untuk meminimalisir  masuknya tikus ke dalam rumah, alangkah baiknya jika Sobat memeriksa bagian saluran air, celah-celah ventilasi, hingga daerah luar rumah yang dapat menjadi potensi dilewati oleh tikus. Celah-celah tersebut bisa ditutup atau dipasang jebakan seperti dengan wol kawat, pelat logam, semen atau plester. Cek secara berkala untuk memastikan tempat-tempat tersebut tetap terawat dengan baik.

Membersihkan Seluruh Isi Rumah

Selanjutnya, perlu diketahui bahwa hewan bertubuh kecil ini sangat suka area sempit dan gelap untuk bersembunyi. Maka, Sobat perlu meminimalisir tempat-tempat yang memiliki potensi untuk menjadi tempat persembunyian tikus. Bersihkan seluruh ruangan yang ada di dalam rumah khususnya pada ruangan-ruangan penuh barang. Buanglah sampah pada tempat yang tertutup dan pastikan pipa saluran pembuangan terawat dengan baik.

Menggunakan Bawang Bombay atau Bawang Merah

Sobat bisa menggunakan bawang bombay atau bawang merah untuk mengusir tikus secara alami. Hal ini dikarenakan tikus tidak bisa mencium bau-bau menyengat seperti bawang bombay dan bawang merah. Menurutnya, bau-bau yang dihasilkan dari bawang ini dianggap menjijikkan. Untuk melakukannya, Sobat hanya perlu mengupas dan mengiris bawang bombay lalu letakkan di tempat yang menjadi sarang tikus. Sobat bisa menggantinya setelah bawang sudah busuk.

Memanfaatkan Kulit Durian

Setelah makan buah durian, jangan dulu buang kulitnya! Ternyata, kulit durian bisa digunakan untuk mengusir tikus bandel yang ada di rumah. Caranya dengan memotong kulit buah durian dan meletakkannya di tempat favorit tikus. Wangi yang dikeluarkan oleh kulit durian bisa mengusir tikus-tikus yang ada di rumah. Apalagi dengan kulitnya yang tajam bisa membuat tikus ketakutan dan pergi dari rumah.

Menyemprotkan Cairan Pemutih

Cairan pemutih seringkali digunakan untuk membersihkan rumah. Selain itu, carian ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Caranya dengan mengencerkan pemutih dan air agar tidak menimbulkan bau yang terlalu menyengat, lalu semprotkan di area yang menjadi tempat tinggal tikus. Cairan pemutih ini sekaligus bisa dijadikan sebagai disinfektan untuk membersihkan area yang terkena kotoran, urin dan darah tikus.

Menggunakan Perangkap Tikus

Jika ingin melakukan cara mengusir tikus yang efektif, Sobat bisa menggunakan perangkap tikus. Banyak jenis perangkap tikus yang sudah tersedia dan dijual di pasaran. Sobat bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Sobat bisa memilih perangkap tikus yang hanya menangkap tanpa membunuh, lalu letakkan umpan makanan untuk memikat perhatian tikus. Setelah tikus terjebak, Sobat bisa melepaskannya ke luar rumah. Itulah beberapa cara mengusir tikus yang ampuh secara alami tanpa menggunakan racun tikus. Sobat bisa menerapkan salah satu cara di atas yang dianggap paling efektif untuk mengusir tikus di rumah. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kebersihan rumah agar tikus tidak lagi masuk ke dalam rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut