click to enable zoom
loading...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next
Your search results

8 Tempat Wisata di Wonosobo Jawa Tengah yang Hits dan Populer

Posted by admin on 8 October, 2022
0

Kalau Sobat Grisa  pernah ke Jawa Tengah, pasti sudah tahu berbagai tempat wisata di Wonosobo selain Dieng bukan?  Nah, biar referensi destinasi liburan Sobat Grisa semakin lengkap, berikut beberapa alternatif wisata di Wonosobo ya.

Seperti halnya di daerah lain yang tersebar di seluruh nusantara, wisata semarang misalnya. Wonosobo juga tidak kalah menarik buat dikunjungi lho. Ada beragam destinasi wisata yang menarik serta unik, dan tentu saja yang legendaris, jadi simak ulasan tempat wisata di Wonosobo berikut ini.

1. Wisata Kawah Dieng

Tempat wisata di Wonosobo Dieng sudah sangat melegenda, karena itu tidak heran kalau Kawah Dieng menjadi tempat wisata terpopuler di Wonosobo. Sering disebut juga dengan nama Kawah Sikidang, pemandangan alam yang tersaji sangatlah mempesona dan memukau mata disertai ciri khasnya tersendiri, dijamin kamu bakal merasa terpuaskan dan menentramkan kalau melihatnya.

Tapi kalian mesti hati-hati ya jika berkunjung kesana, soalnya Kawah Dieng berada di lingkungan gunung berapi yang masih memiliki aktivitas vulkanik. Selama kalian tetap waspada, pasti liburanmu di Kawah Dieng tetap terasa menyenangkan dan menyegarkan kok. Dengan luas mencapai 200 meter persegi, Kawah Dieng berada di dataran rendah kawasan Bakal Buntu, Kecamatan Batur.

2. Telaga Warna

Sebagai salah satu tempat wisata di Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga Warna termasuk objek wisata andalan lho. Banyak pengunjung lokal bahkan mancanegara yang datang kesana. Pemandangan alam yang disuguhkan Telaga Warna dijamin bakal buat kamu terpana sekaligus terpesona. Bayangkan saja pesona sinar matahari kuning keemasan yang menembus sampai ke dasar danau berwarna biru jernih.

Ditambah lagi dengan pesona pemandangan alam sekitar danau kecil di ketinggian 2000 mdpl. Sangat menakjubkan. Seperti tempat wisata di Pamekasan juga memiliki destinasi yang menarik. Lokasinya yang ada di Dieng Wetan juga mudah kok ditemukan, selain bisa bertanya ke warga sekitar, kamu juga sudah bisa menemukannya di Google Maps.

Jadi tunggu apalagi? Segera datang dan kunjungi Telaga Warna serta nikmati indahnya pesona pemandangan alam yang tersaji di sana.

3. Tuk Bimo Lukar

Berlokasi di Kalilembu, Dieng. Tuk Bimo Lukar termasuk tempat wisata religi bagi umat Hindu Wonosobo. Kenapa? Soalnya di sana kamu akan memukan mata air suci yang dipakai umat Hindu Kuno Dieng.

Dianggap suci mengingat sejarahnya di masa lampau dimana seorang tokoh Pandawa bernama Bimo Seno menukar atau melepas pakaian dan disucikan dengan memakai mata air tersebut. Terletak di dataran tinggi Dieng, sumber mata air yang dianggap suci tersebut berasal dari Gunung Prau yang sekaligus merupakan hulu sungai Serayu.

4. Bukit Sikunir

Sebagai salah satu tempat wisata di Wonosobo 2022 yang bisa kamu kunjungi, Bukit Sikunir sangat terkenal akan keindahan pesona Golden Sunrise. Mengapa begitu? Karena tanaman rempah Kunir berwarna kuning akan memantulkan sinar matahari dengan indah dan rupawan saat sunrise tiba.

Jadi tidak heran kalau kamu tidak akan bisa melupakan kunjunganmu kesana, dan tentu saja pasti bakal tergoda untuk mengabadikan kenangan kamu akan indahnya pesona pemandangan yang disajikan tersebut.

Hal tersebut juga menjadi alasan asal muasal nama Sikunir, yaitu keberadaan tanaman rempah Kunir tersebut. Ingat ya, ada baiknya kamu mencari waktu yang tepat saat ingin berkunjung kesini. Cari waktu dimana Bukit Sikunir tidak terlalu ramai pengunjung. Jadi Sobat Grisa bisa puas menikmatinya. Lokasinya di Sembungan, Kecamatan Kejajar dulu ditemukan pertama kali oleh wisatawan asing di tahun 1980an dan terkenal hingga kini.

5. Bukit Siloreng Indah

Berlokasi di ketinggian 800 mdpl di Somogede, Kecamatan Wadaslintang. Bukit Siloreng Indah menyuguhkan pemandangan indah nan mempesona. Kamu bisa menyaksikan pemandangan alam berbagai daerah dari atas bukit tersebut, mulai dari Banjarnegara, Kebumen, bahkan sampai Magelang.

Selain itu lokasinya juga lumayan dekat lho dari pemandian Kalianget, jadi kalau kamu mau sekalian menyegarkan diri sehabis menikmati pemandangan alam di Bukit Siloreng Indah bisa langsung kunjungi pemandian Kalianget.

6. Embung Kledung

Salah satu tempat wisata di Wonosobo terbaru adalah Embung Kledung yang terletak di Kledung, Kabupaten Temanggung. Berada tepat di lereng Gunung Sindoro, Embung Kledung sendiri berupa kolam raksasa yang dibangun guna mengatasi kekurangan air saat musim kemarau.

Kalian akan menemukan suguhan pemandangan alam indah dengan daya tariknya tersendiri yang pastinya bakal menyejukkan serta menentramkan jiwa kamu. Kamu bisa kunjungi Embung Kledung di Jalan Raya Parakan Wonosobo Km. 11 setiap hari mulai dari jam 05.30 sampai 18.00. Sediakan saja uang sebesar Rp. 6.000 buat bayar tiket masuknya. Sangat terjangkau bukan?

7. Dieng Plateau

Sebagai salah satu destinasi wisata terkenal dan terfavorit di Wonosobo, Dieng Plateau memiliki pemandangan alam menarik sekaligus eksotis lho. Kamu tidak akan merasa rugi kalau mengunjunginya, apalagi Dieng Plateau berdekatan dengan berbagai destinasi wisata lain. Nggak kalah deh dengan tempat wisata di Kulon Progo.

Seperti misalnya Telaga Pengilon, Telaga Warna bahkan Dieng Plateau Theatre. Datang saja ke Bakal, Batur dan bayar tiket masuk sebesar Rp. 12.000. Liburan kamu disana dijamin pasti bakal mengesankan dan tidak terlupakan.

8. Arung Jeram Serayu

Kamu pecinta olahraga yang memacu adrenalin? Pasti suka arung jeram kan? Nah, di Wonosobo juga menyediakan tempat wisata air arung jeram lho. Salah satu yang terbesar di Jawa Tengah adalah Arung Jeram Serayu, dimana kamu bisa river camp, family camp bahkan sampai excellent. Sayang kalau sampai kamu lewatkan begitu saja.

Datang saja ke Jalan Banjarnegara Km. 15, Desa Randegan. Tapi ingat ya, selain siapkan mental, yang terpenting adalah kondisi fisik kamu mesti prima. Bagaimanapun juga arung jeram itu butuh tenaga ekstra buat mendayung dan bertahan di perahu karetnya, terutama menghadapi jeram yang cukup deras.

Itulah tadi beberapa tempat wisata di Wonosobo yang bisa sobat Grisa kunjungi ketika waktu liburan telah tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Silahkan klik disini
1
Hallo, silahkan hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut